//
you're reading...
Uncategorized

TRIP TO BADUY

         Ini gara-gara temen shift gw yang suka cerita tentang dia yang suka banget naek gunung. Meskipun kadang kesel juga sampe lembur berhari-hari tapi di balik itu semua dia juga yang menginspirasi gw untuk menjadi seorang Backpacker. Awalnya gw lagi iseng aja buka Facebook (baca: pesbuk) uda lama juga gw ga buka sosial media ini. Gw sih uda lama ikutan grup-grup yang terhubung dengan dunia Backpacking. Akhirnya, karna iseng malem minggu sendirian aja di kosan gw klik aja deh tuh grup. Nama grupnya sih “Backpacker Indonesia (BPI)” waw, mencengangkan sekali ternyata banyak banget yang ngadain Open Trip, Private Trip, sampe Share Cost.  Mulai dari yang dalam kota, luar kota, sampe luar negeri. Secara gw tinggal di Jakarta. Harganya pun macem-macem . gw jadi berpikir untuk ikut semuanya, tapi liat keadaan kantong juga nih kayanya ga cukup. Gw scroll terus ke bawah, akhirnya gw nemuin akun yang bikin posting Open Trip To Baduy. Waw, Baduy kan suatu suku di daerah Banten. Gw baca lagi ampe selesai ternyata biaya nya juga murah broh only IDR140. Langsung gw ambil secarik kertas dan catet nomor handphone yang buka Open Trip itu.

                Keesokan harinya, gw cerita ama sahabat gw.  Kebetulan dia bareng shift nya ama gw. Gw ceritain perihal kejadian semalem yg gw liat. Setelah gw cerita panjang lebar bla-bla-bla-bla. Dengan gayanya yang suka nyengir, hampir nganggukin kepala ternyata alis nya malah mengkerut dan sebuah kalimat keluar dari mulutnya “Noi, biaya nya berapa?” gw langsung tepok jidat. Dari tadi gw Cuma cerita panjang lebar tentang baduy. Dengan gaya khas gw yang notabene seorang Sales, gw jelasin deh ke dia biaya nya. Dan hal yang gw tunggu-tunggu sejak tadi akhirnya terjadi juga. Si Prima nganggukin kepalanya (baca: Prima itu nama sobat gw).

                Hari selanjutnya gw sama Prima ngehubungin orang itu (Sok Misterius deh) maksud gw orang yang buka Open Trip ke Baduy. Oke, gw tau namanya sekarang. Namanya Mas Ipung. Setelah tanya-tanya panjang lebar. Akhirnya negosiasi juga buat pembayaran “Mas, kita bayarnya abis gajian ya. Tapi tetep sisain seat buat kita. Kita jadi ikut ko.” Dan Mas Ipung ternyata bilang Iye. Duh, seneng sekali. Hari demi hari semakin berlalu sampe akhirnya tanggal gajian tiba.

“Prim, transfer duitnya ke Mas Ipung yuk.”

“Ya udah. “

Setelah melakukan biaya administrasi, gw langsung hubungin lagi orang itu. Duh, bawel banget ya gw. Maklum ini trip pertama gw. Gw tanya-tanya aja apa aja yang harus di bawa. Akhirnya dia kasi tau.

PERLENGKAPAN
1. daypack / ransel
2. baju ganti secukupnya
3. sarung ato sleeping bag(penting)
4. jaket
5. payung. rain coat/jas hujan. ponco(penting)
6. senter , headlamp(penting)
7. sandal gunung, sepatu trekking,ato sejenisnya
8. cemilan buat dijalan (ada alfamart diciboleger sebelum masuk baduy)
9. obat-obatan pribadi

                Ini H-4 lohh boo, makin deg-degan aja ni gw ama si Prima. Gw setengah mati cari perlengkapan yang di kasi Mas Ipung. Sampe berdebat kecil lah. Lucu juga sih kalo inget itu. Gw liat kertas yang tulisan perlengkapan.

“Cuy, gw gak punya tas Ransel nih.” Prima membuka suara

“Gw punya sih satu.” Jawab gw enteng kaya kentut boo

“Tar anterin gw beli ya noi.” Mukanya panic tapi so banyak duit

“Mau beli? Kenapa ga minjem aja! Sayang duitnye.”

“Udeh buntu gw, ga ada yang pinjemin.”

“Tenang brooh tar gw bantuin cari.”

“Tar kita bawa baju berapa?” tanya si Prima

“Em, 2 aja deh. Kaos tangan pendek satu, kaos tangan panjang satu, celana training satu. Sama baju yang entar kita pake.” Gw masi selaw nanggepin nya brooh

“Tar berangkat nya pake baju apa?”

“Kaos.”

“Yang mana?”

“Yang ada di lemari.” Kepo nih orang

“Lu pake celana apa?”

“Katanya sih ga boleh pake jeans tapi gw mau pake jeans cargo gw aja yang beli samaan ama lu.”

“Iya gw juga pake samaan aja deh ama lu.” Nyengir lagi dia

“Ya udah deh.”

“Noi, gw ga punya sleeping bag.”

“Lu bawa sarung aja.”

Wanita itu lalu menganggukan kepala. Gw harap dia ga nanya-nanya lagi.

“Noi, lu pake jaket apa?”

“Jaket biasa aja yang gw punya.”

“Bukan jaket  gunung kan? Disana dingin nanti nya.”

“Gw ga punya jaket gunung.”

“Gw juga.” Datar banget.

Suasana hening sejenak.

“Noi, lu bawa payung?”

“Iye, gw ga punya jas ujan apalagi ponco.”

“ponco apaan sih?”

“kalo ga salah semacem jas ujan yang buat motor itu. Tau kan?”

“oh iya iya, gw bawa itu aja.”

“hah?”

“iya noi, bokap gw ada tuh begituan.”

“ya udah deh.”

“noi, lu bawa senter?”

“gw ga bawa. Ga punya. Lu aja yg bawa tar barengan.”

“iya iya.”

“Noi, gw ga punya sendal gunung. Beli dimana?”

“Beli di Supermarket.” Rada kesel gw

                Besoknya gw janji ama dia mau nganterin beli DayPack. Akhirnya kita janjian. Gw baca bbm nya.

Noi, gw lagi di dalem supermarket. Lu masuk aja ya. Gw tunggu.

Hah? Gw kaget. Ngapain dia disitu? Belanja kah?

Iye prim, gw kesana nih

Oh ternyata, dia beneran lakuin saran gw yang terakhir brooh.  Inget kan? Beli sendal gunung di Supermarket.

“Inoi!!” teriak wanita itu

“Iye Prim.”

“Lu emang temen gw yang baik banget. Saran lu bagus banget. Ni gw nemuin sendal gunung murah.” Nyengir lagi

(gw ga bisa berkata apa-apa) dia minta bantuan gw buat milihin sendal yang bagus yang mana. Ni gw kasi foto waktu gw pilihin sendal buat dia.

Gambar

Uda selesai payment langsung ke Toko buku cari tas. Lu bingung kan? Gw juga bingung. Tapi ada yang jual tas kok. Kata temen gw lagi discount 50%. Tau aja ama discount ni orang. Setelah milih dan rundingin sambil ngitung-ngitung harga tas di toko lain. Dia akhirnya beli juga.

                Singkat cerita ini H-1 loh. Gw putusin untuk nginep di rumah Prima. Semua persiapan udah gw siapin. Kita pergi ke minimarket terdekat dari rumah Prima.

“Noi, mau beli apa?”

“makanan yang ringan-ringan aja sih. Buat di kereta.”

Setelah muter-muter gw nemuin bawa belanjaan banyak banget. Udah kaya prepare makanan buat seminggu.

“Prim, ga usah beli banyak-banyak. Lagian di Ciboleger ada Alfamidi. Tar kita beli disono aja.”

“Iye dah Noi.”

Lalu gw bantuin dia buat naro-naroin makanan pada tempatnya lagi. Setelah melakukan pembayaran, gw langsung pulang.

“Noi, ini senter punya bokap gw.”

“Cobain dulu braay, nyala apa engga.”

“Yahh, tapi ga ada batrenya.”

“Ya uda beli.”

Setelah ke warung beli baterai senter sampe pedagangnya ngamuk-ngamuk gara-gara baterainya mau gw cobain semuanya. Akhirnya buru-buru pulang. Senternya nyala. Itu juga harus di tahan pake kertas tutupnya. Maklum udah kolot. Gw tes sekali lagi. Nihh hasilnya.

Gambar

Gw uda ga sabar besok berangkat. Bawaannya ga bisa merem nih. Tapi si Prima ngingetin gw supaya buat tidur. Baik banget sahabat gw. Akhirnya gw tidur. Tau-tau ada suara kenceng banget.

I know your inside, you’re feeling so hollow

And it’s a hard pill for you to swallow

But if I fall for you, I’ll never recover

If I fall for you, I’ll never be the same

 

I really wanna love somebody

I really wanna dance the night away

I know we’re only half way there

But you can take me all the way, you can take me all the way

I really wanna touch somebody

I think about you every single day

I know we’re only half way there

But you can take me all the way, you can take me all the way

 (Marron 5 – Love Somebody)

Ohh,Shit alarm gw bunyi. Perasaan baru aja merem ni mata. Pas gw buka mata, tau-tau ibunya Prima uda siapin sarapan. Gw pun langsung Mandi. Pas gw uda selesai mandi, nih yang punya rumahnya baru bangun. Dasar!! Kita pun sarapan dan siap-siap lagi. Lalu kami pamit. Rumahnya Prima tepat berada di daerah Batusari. Gw ga kenal daerah itu kata dia sih daerah kebon jeruk. Maklum gw bukan asli orang Jakarta blay. Gw pun naek angkot menuju stasiun senen. Katanya sih meeting point nya jam 07.00 WIB. Tapi kenyataannya jam setengah tujuh gw uda nyampe loh brooh. Saking ga sabar plus takut ketinggalan gitu. Ga lama ada cewe terus cowo dateng nanya.

“Yang mau Ke baduy ya?”

“Iya kak.” Jawab kami kompak

“Dari Rombongan Mas Ipung kan?”

“Iya.”

Kami pun berkenalan satu sama lain. Ga lama yang lainnya bermunculan. Tapi udah jam tujuh itu mas ipung belom datang juga. Katanya ada trouble lah. Yeahh, I don’t know. Tapi ga lama kok, dia dateng. Langsung deh di bagiin tiket nya ama dia. gw ama Prima terlihat kegirangan. Kita pun langsung masuk ke dalam gerbong kereta. Karena memang ini udah jam keberangkatannya. Gw duduk di sebelah Prima.

Gambar

 Lu baru liat kan sahabat gw itu? Dia itu cantik kan. Di depan gw duduk seorang cewe yang berhijab. terus di pinggirnya duduk cowo-cowo. Selama di perjalanan kita sharing-sharing tentang pekerjaan pengalaman. wah, ternyata seru banget ya ikutan trip ini. selain cuma kenal budaya gw juga dapet pengalaman dari orang lain. tak terasa, kami sudah sampai di stasiun Rangkasbitung. Gw buru-buru keluar dari gerbong, buset suasananya panas banget. matahri lagi terik-teriknya. Rombongan masih di suruh istirahat dulu di stasiun, di stasiun nampak ada orang-orang suku Baduy berkeliaran. Dia ga pake sendal brooh. Buseh ga kebayang kan lu panasnya kaya apa nginjek kerikil yang disinari Matahari. Mas Ipung dateng, rombongan pun disuruh naek ke elf buat ke Ciboleger. Gw ngebet banget pengen naek di atas elf tapi karna gw cewe kayanya gw ga di bolehin deh. Ya uda gw masuk aja bareng si Prima, Wuanjirrr, sumpek mamen. Tapi harus tetep di nikmatin brooh. Kira-kira dari stasiun Rangkasbitung ke Ciboleger sekitar 3 jam-an lah. Sambil berngantuk ria di tambah panas, ga kurang perut gw yang sedari tadi bunyi mulu akhirnya nyampe juga Ciboleger. Turun dari elf gw langsung nyari makan. Dasar emang perut karung. Gw beli mie rebus, disitu ada warteg kok. Gw lupa harganya berapa. Setelah makan mie, gw beli cemilan di Alfamart Ciboleger + Minum. Inget ya kalo lu ke Baduy mesti sedia air deh. Liat orang-orang foto di sebuah tugu di Ciboleger gw pun jadi mupeng. alhasil, inilah jepretan gw. mumpung di Ciboleger.

IMG-20130824-00132IMG-20130824-00130IMG-20130824-00131

Sory nih fotonya ga jelas, maklum pake hape biasa. Dari beberapa foto tersebut ada sebagian juga yang dari rombongan orang loh. Tapi gapapa kok ikut foto bareng. Biar nambah temen. Karena panasnya terik mentari gw pun duduk lagi di depan Alfamart asli mirip gembel dah. Eh banyak banget anak kecil yang bawa bawa tongkat gitu. Saking penasaran, gw samperin tapi emang dia nyamperin gw juga sih. dia nawarin tongkat itu ke gw, dengan harga Rp.5.000,- gw tawar goceng dua eh ga dapet.

IMG-20130824-00394 IMG-20130824-00393

Tapi akhirnya gw beli juga kok. Laris juga jualan tongkat di Ciboleger. Ga pake modal lagi. Kayunya kan tinggal nyari aja di hutan.

IMG-20130824-00395

Perjalanan di lanjutkan, rombongan gw berangkat sekitar jam satu siang. Lagi panas-panasnya. Sekarang siapin fisik deh karna perjalanan masih jauh. Dari Ciboleger kita udah masukin Baduy Luar tuh.

Foto0768 Foto0766

Itu salah satu rumah penduduk di Baduy Luar dan aktifitas mereka. Perasaan gw jalan kaki dari tadi ga nyampe-nyampe deh.

Foto0775 Foto0790 IMG-20130824-00396

Akhirnya gw nyampe Jembatan Brooh. Katanya kalo udah nyampe jembatan udah deket. YeYeYe LaLaLa

Foto0776 Foto0781

Setelah lewatin Jembatan katanya ga boleh nyalain kamera. Yahh, kan gw mau foto-foto di lumbung padi nya. Tapi Ga di bolehin. Gw berada di Posisi ke Tiga setelah Ivan dan ka ii. Di belakang gw ada Prima. Kita berempat ada di paling depan. Rombongan masih jauh banget di belakang. Gw nemuin aliran sungai yang di sekelilingnya ada lumbung padi loh. Gw cuci muka aja di situ, abisnya panas banget sih. Eh lu tau kan katanya sih Lumbung Padi itu di buat ratusan tahun yang lalu loh. Kenapa? Jadi itu persediaan padi di desa tersebut takut sewaktu-waktu ada bencana misalnya kebakaran gitu. wahh, hebat ya. tapi pas gw liat, lumbung padinya masih pada kokoh loh. Sama kokohnya dengan warga Baduy, bolak-balik Ciboleger – Baduy luar ga pake sendal. hihihi.

                Gw nyampe juga, pas liat sungai rasanya pengen nyebur aja. Gw nginep di rumahnya akang Herman. Gw lupa nama kampungnya apaan. Setelah istirahat sebentar gw langsung mandi di kali. Seger banget Brooh Sumpah, tapi mandinya ga pake sabun ya! gw gosok badan gw aja pake Sabut Kelapa minjem punya warga setempat yang lagi mandi juga. hehehe. Eh, gw baru sadar tau. Semua aktifitas warga setempat di lakukan di sungai, MCK nya gtu maksud gw. Cuci beras, ngambil air buat masak disitu, mandi disitu, dan buang air juga disitu. aihhh, takut ada sesuatu yang hanyut nih. hahaha

             Menjelang malam, gw ngobrol panjang lebar ama rombongan gw. eitss, kita tidurnya di pisah loh. cewe-cewe tidur di rumah kang Herman, sedangkan cowo-cowo tidur di rumah adiknya kang Herman. Makin malem suasana makin dingin. Di tambah kaki gw mulai kerasa pegel-pegel. Kang Herman juga jualan souvenir gtu semacam gantungan kunci gtu ala Baduy. Terus jualan Slayer Baduy yang Khas dengan warna Birunya. Penerangan di lakukan seadanya, hanya dengan semacam obor doang. Ga ada listrik. Ga ada Gadget keren, ga ada internet. Wah, sederhana banget disini, jauh dari gaya hidup mewah. Mungkin gw kalo uda bangkrut pindah kesini aja kali ya! hehehe. Koyo cabe nempel di seluruh bagian tubuh gw saking dingin banget plus pegel. Jam 9 malem gw uda tidur. Tidurnya Pules banget walopun dingin juga.

           Gw bangun pagi-pagi. Si Prima masih tidur, gw di ajak temen-temen yang uda bangun buat keliling kampung sekalian mandi. udara nya seger banget tau. enak banget di hirup ama paru-paru. gw ngeliat aktifitas warga yang emang lumrah di lakukan. tapi gw aneh deh, katanya kan Baduy dalam, tapi disana ada warung loh. terus anaka kecil juga uda tau duit brooh. busehh, sama kaya di kampung gw berarti. dan yang punya warungnya itu pakaian nya sama kaya pakaian yang sering kita pake. ga pake kain item ato kain putih kaya orang baduy. gw masih bingung, kayanya ini masih di baduy luar deh.

          Gw lanjut balik ke Jakarta. Mulai trek dari baduy dalem sekitar jam 10 pagi. perjalanan pulang beda kaya perjalanan berangkat. beda jalur. jalur pulang lewatin jembatan akar. Jembatan yang di buat dari akar pohon, tapi kokoh banget brooh. ya iyalah akarnya aja segede-gede betis gw.

996910_10201684615939817_753316985_n 1003918_10201684615379803_1332956408_n IMG-20130825-03077

Perjuangan banget menuju jembatan akar ini, ampe ngesot-ngesot tau gw, ya karna trek nya yang terjal. uda gtu bawahnya jurang. kan gw takut. setelah lewatin itu, gw nemu jembatan lagi gw foto lagi. ini gara gara jembatan akar, liat jembatan mau nya foto mulu.

20130825_102645

Dan sebelum nyampe gw sempet istirahat dulu beserta rombongan. ini kenang-kenangan terakhir gw.

1234347_10201684555378303_161035085_n 1185096_10201684579538907_389575201_n

Lu belum tau kan Kang Herman, ini gw kasi liat orangnya.

20130825_085146

Jadi kalo lu lagi mau ke Baduy, lu bisa nginep di tempat dia. orangnya ramah kok. tapi sayangnya gw ga punya no handphone nya. lupa minta.  Gw nyampe di sebuah desa tempat di mana elf jemput gw buat anterin ke stasiun Rangkas bitung.

IMG-20130825-00421Perjalanan selesai. tinggal nunggu kereta berangkat.

1237920_10201684621699961_571834641_n

Rasanya gw bakalan terus kangen sama suasana Baduy. Gw rindu keramahan orang-orang sana. Sederhananya hidup disana. tanpa kemewahan. rindu sama alamnya yang sejuk. suara jangkrik di malam hari. suara aliran sungai. suara ibu-ibu lagi menumpuk padi. wahh, semuanya deh gw bakalan kangen. Trip ke baduy ini ngajarin gw tentang KESEDERHANAAN.

sisa gantungan kunci ini doang kenang-kenangan dari baduy.

IMG-20130826-00430

Thanks ya Guys yang uda baca ampe abis cerita gw. gw cuma sharing pengalaman doang ko. gw masi tahap belajar jadi Blogger. hehehe. Kritik dan Saran nya saya tunggu ya. yang mau tanya-tanya juga boleh.

note: Perjalanan gw ke Baduy tanggal 24-25 Agustus 2013

About alianaling

♔ Miss Moody | ♥ RED | Front Liner BARBIE | ♬ Maliq 'n D'Essential | ♥ S.H.M.I.L.Y | Mahasiswa Sistem Informasi (calon IT) | Backpacker ID | Allah Bless Me

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

gue

I want to travel the world.. Traveling is my drug of choice..
"Don't grow (Old) withaut ever traveling alone"
Guys!!! You Only Live Once.

time

kicauan gw

Error: Please make sure the Twitter account is public.

